• gambar
  • gambar 3

Selamat Datang di Website SMP MUHAMMADIYAH PLUS MOJOKERTO. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH PLUS MOJOKERTO

NPSN : 69932599

Jl.Rajasa Negara III No.14 Desa Kenanten Kec.Puri Kab.Mojokerto


info@smpmuhammadiyahplus.sch.id

TLP : 0321-332900


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 33496
Pengunjung : 16729
Hari ini : 8
Hits hari ini : 36
Member Online : 0
IP : 18.204.48.69
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON




PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON UNTUK MEMBUAT VIDEO ANIMASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING YANG BISA DI UPLOUD DI YOUTUBE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh : Santi Dwi Rahayu,S.Pd

Pada saat Indonesia memasuki masa pandemi covid 19 ini, pemerintah telah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring yang harus dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Selama hampir 1 tahun lamanya pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh pihak sekolah menyebabkan peserta didik merasa bosan, karena selama ini hanya di suruh mengerjakan tugas di buku yang sudah ditentukan oleh guru, fasilitas pembelajaran tatap maya pun sangat terbatas dan cenderung satu arah guru yang lebih aktif. Sehingga materi yang diberikan guru sulit untuk bisa diterima oleh peserta didik

Tetapi tidak perlu risau karena kita berada pada era 4.0 atau yang biasa disebut dengan era digital. Oleh sebab itu guru dituntut harus tetap belajar khususnya dalam penguasaan teknologi yang sangat beragam. Sebagai contoh adalah penggunaan Aplikasi Powtoon. Menurut saya aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh guru, khususnya guru bahasa yang seringkali terdapat materi percakapan didalamnya . Menggunakan aplikasi ini, video pembelajaran akan tampak lebih menarik untuk siswa, karena tampilan animasi yang eye catching, warna-warni dan lucu.

 

Penggunaaan Aplikasi Powtoon ini bisa dikolaborasikan dengan teknologi lainnya seperti Youtube. Video powtoon ini bisa di share dan diupload melalui kanal youtube pribadi kita. Kemudian link pembelajarannya bisa dibagikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran. Dengan begitu peserta didik bisa memutar ulang video pembelajaran yang menarik ini melalui link youtube yang dibagikan oleh guru. Selama pandemi aplikasi inilah yang saya gunakan untuk membuat video pembelajaran di Youtube, dan terbukti banyak siswa lain yang juga menonton video pembelajaran saya di youtube selain siswa saya. Video pembelajaran pun bermanfaat untuk orang banyak.

 

Selain tatap maya di sekolah dengan jam terbatas, siswa saya juga mendapat video pembelajaran yang bisa dipelajari di rumah.

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas