• gambar
  • gambar 3

Selamat Datang di Website SMP MUHAMMADIYAH PLUS MOJOKERTO. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH PLUS MOJOKERTO

NPSN : 69932599

Jl.Rajasa Negara III No.14 Desa Kenanten Kec.Puri Kab.Mojokerto


[email protected]

TLP :


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 239072
Pengunjung : 115578
Hari ini : 101
Hits hari ini : 263
Member Online : 0
IP : 18.97.9.171
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT POSTER DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF




PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT POSTER

DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN

BERBASIS TPACK

Oleh : Dewi Arum Sari,S.Pd

Pada saat ini tuntutan kurikulum dan proses pembelajaran abad 21 membuat sekolah dan guru harus mengembangkan potensi diri dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada untuk memaksimalkan peserta didik belajar secara utuh. Pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan menuntun sekolah untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari teacher centred menjadi student centered. Di pembelajaran abad 21, teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Kehadirannya telah membawa kemudahan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Oleh sebab itu, penting kiranya seorang pendidik fokus mengembangkan kerangka berpikir yang berbasis teknologi  atau TPACK (Technological pedagogical content knowledge).

TPACK adalah pengetahuan tentang pentingnya integrasi antara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten di dunia pendidikan. Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan arahan baru bagi pendidik tentang bagaimana menerapkan teknologi di dalam pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien. Saat ini kita berada pada era 4.0 atau yang biasa disebut dengan era digital. Oleh sebab itu guru dituntut harus tetap belajar khususnya dalam penguasaan teknologi yang sangat beragam. Sebagai contoh adalahah penggunaan Aplikasi Canva menurut saya sangat cocok di gunakan oleh guru dan peserta didik karena cukup dengan mengakses aplikasi di website HP android guru dan masing-masing siswa.

Sumber : https://www.canva.com/id_id/poster/contoh/kampanye/

 

Penggunaaan Aplikasi Canva ini bisa dikolaborasikan dengan teknologi lainnya seperti Instagram dan  Youtube. Ketika guru atau siswa selesai membuat desain tertentu terkait kegiatan pembelajaran seperti poster jaga lingkungan, poster hubungan social anti bullying, poster kemerdekaan, selanjutnya dapat mengaploudnya melalui kanal youtube dan Intragram pribadinya. Kemudian linknya bisa dibagikan ke guru dan teman untuk media pembelajaran atau penilaian.

Dengan aplikasi Canva peserta didik dapat memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari mereka ke depannya jika dibutuhkan, misla membuat design pemasaran untuk orang tua , orang lain atau siswa itu sendiri. Selama ini sekolah SMP Muhammadiyah Plus terbiasa melibatkan teknologi untuk baik dalam pembelajaran maupun dalam system pengambilan nilai yang berdampak mempermudah pembelajaran dan belajarnya peserta didik saya disekolah.

Berikut contoh hasil edit dengan aplikasi Canva saat menyusun cover yang saya gunakan dalam modul aja kurikulum merdeka.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :





   Kembali ke Atas